sebuah jurnal ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19
selamat tahun 2022 sahabnat sahabat, kali ini yogi akan membahasa sebuah jurnal yang berjudul ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 karya M Syukron Nawawi dan bapak Dudih Gustian, Program Studi Sistem Informasi universitas nusa putra, heeemmmmmmmm...
jurnal ini membahas apa sih?
jadi sepereti tertera pada judul, jurnsl ini membahas tentang data kepuasan anak anak sekolah yang di fasailitasi dengan sistem sekolah online, dengan inti masalah Dengan adanya pandemi covid-19, sehingga mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Untuk beberapa sekolah terutama yang berada di perkampungan, pembelajaran secara online ini terdapat beberapa faktor yang menghambat proses pembelajaran. Susahnya jaringan internet, terbatasnya kuota, sampai belum terbiasanya penggunaan media pembelajaran. Sehingga terdapat ketidakpuasan serta tanggapan yang berbeda dari kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode k-means untuk proses clustering agar mendapatkan hasil pengklasifikasian tingkat kepuasan siswa sesuai dengan pengolahan data dari hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini memberikan solusi untuk sekolah sebagai bahan evaluasi terhadap keefektifitasan pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Dan juga untuk pihak terkait sebagai salah satu referensi untuk sebuah evaluasi atau pengembangan penelitian selanjutnya dengan objek penelitian yang sama. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan kepada 60 siswa di SMK Islam Nurul Huda menggunakan kuesioner dengan mengajukan pernyataan setuju dan tidak setuju dan menggunakan 3 cluster. Yaitu tinggi,sedang dan rendah. Sehingga menghasilkan nilai dari iterasi akhir, yaitu tingkat pernyataan yang tidak setuju yaitu dikategorikan tinggi dengan nilai 7.69 dibandingkan dengan dengan pernyataan setuju yang dikategorikan rendah dengan nilai 4.09, sedangkan untuk tingkat kategori sedang tidak ada dengan nilai 0.00. Bisa dikatakan bahwa dengan hasil seperti ini bisa menjadi pertimbangan dan perbaikan untuk pembelajaran online di masa pandemi covid-19.
Masalah dalam penelitian ini adalah adanya ketidakpuasan dari siswa dalam pembelajaran secara online. Beberapa faktor seperti akses internet, kuota , kondisi wilayah bahkan sampai sistem pembelajaran yang Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta ISSN: 1979-2328 125 tidak efektif. Sehingga akan mempengaruhi dalam penangkapan pemahaman pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan penelitian sebelumnya, (Rinaldi, Surlanto, Sudrajat, & Kurnia, 2019) melakukan penelitian dengan judul Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran Menggunakan KMeans dan Algoritma Genetika. Penelitian ini menggunakan dataset yang dikumpulkan melalui hasil pengisian angket kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran dosen secara acak kepada mahasiswa STMIK IKMI Cirebon sebanyak 147 sampel. Setelah dilakukannya pengujian pengklasteran dengan 2 model. Model yang pertama adalah pengklasteran hanya menggunakan k-means saja dan model yang kedua adalah pengklasteran k-means yang dioptimasi dengan algoritma genetika. K-means yang dioptimasi menggunakan algoritma genetika memiliki Dbi lebih baik dari k-means biasa karena nilai Dbi kmeans dengan Algoritma genetika lebih kecil dari nilai Dbi k-means biasa. (Carolina et al. 2020) Melakukan penelitian mengenai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid-19. Mereka menemukan masalah adanya kecenderungan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap interaksi mahasiswa dan lingkungan belajar dalam perkuliahan daring. Kemudian dilakukan pengumpulan data dengan dataset menggunakan kuesioner yang diisi secara daring oleh 100 mahasiswa program studi sistem informasi bina sarana informatika jakarta. Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data menggunakan metode regresi linear dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki dampak positif terhadap mata kuliah praktik. Penelitian persepsi mahasiswa dalam pembelajaran online, mahasiswa merasa bahwa pembelajaran online kurang mendukung dalam proses belajar mengajar sehingga dosen dapat memfasilitasi mereka dengan membuat grup di media sosial untuk berinteraksi dan meningkatkan atmosfer lingkungan belajar di antara anggota kelas.Dari hasil perhitungan Uji Validitas kuesioner proses belajar mengajar terdapat 1 butir atau indikator yang tidak valid.Dari sepuluh indikator kuesioner terdapat satu yang tidak valid, yaitu butir ke empat (Perkuliahan secara daring menambah pemahaman teori dan keterampilan. Hasil perhitungan menggunakan skala likert pada tingkat kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran secara daring menghasilkan r-hitung = 0.198 (Cronbach’s Alpha). Pada taraf 5% dapat ditunjukkan bahwa variasi semua butir secara bersama-sama mempunyai hubungan positif. (Gustian et al., 2020) Melakukan penelitian untuk pengelompokan kualitas bibit ayam broiler dengan dataset dari PT. Sekawan Sinar surya pada tahun 2017 yang berjumlah 1000 anak ayam dari total 2000 ayam yang diseleksi. Adapun variabel yang diteliti diantaranya bebas penyakit, berasal dari induk pilihan, aktiv kaki besar dan bersih, anus bersih,bodi normal dan sesuai dengan standar. Metode yang digunakan adalah mengkombinasikan antara metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan F.C-Means. Penelitian ini menghasilkan 3 cluster, 96.70% cluster 1, 2,83% Cluster 2 dan 0.47% Cluster 3. Sementara untuk AHP digunakan untuk merangking pengaruh dari pemilihan bibit ayam broiler. Berdasarkan uraian diatas dipilih metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah algoritma K-Means dibandingkan metode diatas untuk tingkat cluster nya. Dimana metode ini mampu menyelesaikan masalah termasuk penentuan tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Dengan dataset yang dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 60 siswa untuk mengetahui kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online di masa pandemi covid-19. Penelitian ini memberikan solusi untuk sekolah sebagai bahan evaluasi terhadap keefektifitasan pembelajaran online di masa pandemi covid-19. yaitu dengan Penelitian ini nantinya akan dibuatkan sebuah sistem untuk implementasi dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam bentuk website, sehingga akan menghasilkan solusi yang lebih efisien dengan adanya fitur-fitur yang dirancang untuk memudahkan para pengguna sistem ini.Pada Penelitian ini metode tinjauan pustaka yang digunakan adalah menggunakan systematic literature review (Kitchenham, 2004), dengan menggunakan alur proses penentuan population, intervention, comparison, outcomes, dan context beserta research question mengikuti style (Wahono, 2015). Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta ISSN: 1979-2328 126 2.2 Algoritma K-Means Algoritma K-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok objek berdasarkan karakteristiknya. (Agus Nur Khormarudin, 2016) 2.3 Tahap Penelitian • Objek Penelitian • Objek penelitian ini berlokasi di SMK Islam Nurul Huda. • Identifikasi Masalah Permasalahan penelitian ini adalah adanya kendala-kendala dan ketidakpuasan dalam pembelajaran online. • Pengumpulan Data Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner, observasi dan studi literatur. Pada bulan juli 2020. • Variabel Variabel pada penelitian ini adalah pernyataan setuju dan tidak setuju pada pertanyaan dalam kuesioner. • Pengolahan Data Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Ms. Excel.Pada Penelitian ini metode tinjauan pustaka yang digunakan adalah menggunakan systematic literature review (Kitchenham, 2004), dengan menggunakan alur proses penentuan population, intervention, comparison, outcomes, dan context beserta research question mengikuti style (Wahono, 2015). Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta ISSN: 1979-2328 126 2.2 Algoritma K-Means Algoritma K-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok objek berdasarkan karakteristiknya. (Agus Nur Khormarudin, 2016) 2.3 Tahap Penelitian • Objek Penelitian • Objek penelitian ini berlokasi di SMK Islam Nurul Huda. • Identifikasi Masalah Permasalahan penelitian ini adalah adanya kendala-kendala dan ketidakpuasan dalam pembelajaran online. • Pengumpulan Data Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner, observasi dan studi literatur. Pada bulan juli 2020. • Variabel Variabel pada penelitian ini adalah pernyataan setuju dan tidak setuju pada pertanyaan dalam kuesioner. • Pengolahan Data Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Ms. Excel.Pada Penelitian ini metode tinjauan pustaka yang digunakan adalah menggunakan systematic literature review (Kitchenham, 2004), dengan menggunakan alur proses penentuan population, intervention, comparison, outcomes, dan context beserta research question mengikuti style (Wahono, 2015). Algoritma K-Means Algoritma K-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha untuk mempartisi objek yang ada kedalam satu atau lebih cluster atau kelompok objek berdasarkan karakteristiknya. (Agus Nur Khormarudin, 2016) 2.3 Tahap Penelitian
• Objek Penelitian •
Objek penelitian ini berlokasi di SMK Islam Nurul Huda.
• Identifikasi Masalah Permasalahan penelitian ini adalah adanya kendala-kendala dan ketidakpuasan dalam pembelajaran online.
• Pengumpulan Data Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner, observasi dan studi literatur. Pada bulan juli 2020.
• Variabel Variabel pada penelitian ini adalah pernyataan setuju dan tidak setuju pada pertanyaan dalam kuesioner.
• Pengolahan Data Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Ms. Excel.
singkatnya adalah.........
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma k-means menggunakan teori euclidean distance sebagai cara pemilihan jarak antar data dan ke pusat cluster dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid-19. Dari cluster ini menghasilkan tingkat pernyataan yang tidak setuju dikategorikan tinggi dengan nilai 7.69 dibandingkan dengan pernyataan setuju yang dikategorikan rendah dengan nilai 4.09, sedangkan untuk tingkat kategori sedang tidak ada, yaitu dengan nilai 0.00. Secara garis besar, dari penelitian yang dilakukan terhadap 60 siswa di SMK Islam Nurul Huda untuk tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran secara online pada masa covid19, dengan menggunakan metode k-means dan menerapkan teori euclidean distance,memiliki tingkat pernyataan tidak setuju yang tinggi dibandingkan dengan pernyataan setuju. Bisa dikatakan bahwa dengan hasil seperti ini bisa menjadi pertimbangan dan perbaikan untuk pembelajaran online di masa pandemi covid-19.
jika iningin tau lengkapnya bisa klik di sini...
https://drive.google.com/file/d/1AhqnlYRcnBiicBSRQSAhgk_mUzq56ttR/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar