Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19
Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19
1. kenapa jurnal ini harus di buat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran E-learningpada masa pandemi Covid-19, setelah pemerintah mengambil keputusan dengan menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimana seluruh aktivitas dirumahkan salah satunya dibidang pendidikan. Tepatnya setelah virus Covid-19dinyatakan masuk ke Indonesia, aktivitaspembelajaran di sekolah dialihkan menjadi program belajar dirumah dan berbasis daring. Hal ini diberlakukan dalam rangka menghambat penyebaran virus Covid-19agar tidak tersebar keseluruh masayarakat. Masalah yang timbul ialah proses pembelajaran daringdengan beberapa metode tidak efektif untuk dilakukan, kondisi ini ialah terjadi keresahan di masyarakat sehingga terjadi pro dan kontra, dimana sisi yang kontra terdapat banyaknya siswa yang merasa terbebani dengan adanya pembelajaran online ini, sedangkan yang pro merasa bahwa langkah yang dilakukan oleh Pemerintah ini sangat tepat. Pembelajaran daring yang digunakan siswa dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang memanfaatkan media online seperti Google Classroom. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik MAN 1 Sukabumi yang diajar menggunakan metode daring. Dalam penelitian ini digunakan Algoritma K-Means membantu dalam melakukan clusterterhadap siswa mana saja yang pro dengan adanya pembelajaran E-learning dan siswa yang tidak mendukung terhadap adanya pembelajaran E-learning. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner secara onlinemenggunakan Google Form. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan kepada 639 siswa MAN 1 Sukabumi dengan menggunakan 4 cluster menghasilkan C138%, C2 46%, C3 13% dan C4 3%
2. bagaimana proses metodologi penelitian yang ditempuh
Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi ke tempat penelitian dan quesioner online yang dibagikan kepada seluruh siswa MAN 1 Sukabumi
Bahan Penelitian ini menggunakan data berupa sample data yang diambil dari hasil kuisioner online yang disebar kepada seluruh siswa MAN 1 Sukabumi. Dan menggunakan microsoft excel dalam melakukan perhitungan.
3. bagimana proses k-means dalam memberikan solusi dari permasalahan yang ada
Hasil dari penelitian ini berisi pengelompokan data kedalam setiap clusteryang dibutuhkan. Pengelompokan hasil data tingkat keefektivan belajaronlineini dihitung menggunakan Algoritma K-Means. Setelah hasil nilai data yang diperoleh dari kuisioner dikalkulasi, maka selanjutnya menentukan pusat clusteratau centroidawal, centroidawal ini ditentukan secara acak atau random. Sebagai contoh penulis menggunakan contoh data yaitu:Salma,Nursantia, Fadhil, Muh Saabiq.
4. perlu disimpulkan bahwa ini salahsatu cara penelitian yang mudah namun efektif dalam mendapatkan data, namun nilai validasi cukup di pertanyakan karna rancunya data.
5.kedepanya mungkin kita harus lebih beragam lagi dalam metode penelitian dalam membuat penelitian, atau paling tida tau situasi dan kondisi di lapangan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusError trus cook blog ku ngehe font nya gak kedownload
Hapus