Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19


 Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19

1. kenapa jurnal ini harus di buat

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  gambaran  efektivitas  pembelajaran E-learningpada masa  pandemi Covid-19,  setelah  pemerintah  mengambil  keputusan  dengan  menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimana seluruh aktivitas dirumahkan salah satunya dibidang pendidikan. Tepatnya setelah virus Covid-19dinyatakan masuk ke Indonesia, aktivitaspembelajaran  di  sekolah  dialihkan  menjadi  program  belajar  dirumah  dan  berbasis daring.  Hal ini diberlakukan dalam rangka menghambat penyebaran virus Covid-19agar tidak tersebar  keseluruh  masayarakat.    Masalah  yang  timbul  ialah  proses  pembelajaran  daringdengan  beberapa  metode  tidak  efektif  untuk  dilakukan,  kondisi  ini  ialah  terjadi  keresahan  di masyarakat sehingga terjadi pro dan kontra, dimana sisi yang kontra terdapat banyaknya siswa yang  merasa  terbebani  dengan  adanya  pembelajaran  online  ini,  sedangkan  yang  pro  merasa bahwa  langkah  yang  dilakukan  oleh Pemerintah  ini  sangat  tepat.  Pembelajaran  daring  yang digunakan  siswa  dalam  penelitian  ini  adalah  pembelajaran  yang  memanfaatkan  media  online seperti Google  Classroom.  Populasi  penelitian  yakni  seluruh  peserta  didik  MAN  1  Sukabumi yang  diajar  menggunakan  metode  daring.  Dalam  penelitian  ini  digunakan  Algoritma  K-Means membantu  dalam  melakukan clusterterhadap  siswa  mana  saja  yang  pro  dengan  adanya pembelajaran  E-learning  dan  siswa  yang  tidak  mendukung  terhadap  adanya  pembelajaran E-learning. Teknik    pengumpulan    data    menggunakan    angket/kuesioner    secara onlinemenggunakan Google Form.  Hasil  yang  diperoleh  dari  penelitian  yang  dilakukan  kepada  639 siswa  MAN  1  Sukabumi  dengan  menggunakan  4  cluster  menghasilkan  C138%,  C2  46%,  C3 13% dan C4 3%



2. bagaimana proses metodologi penelitian yang ditempuh

Alat yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  berupa  observasi  ke tempat  penelitian  dan  quesioner online yang dibagikan kepada seluruh siswa MAN 1 Sukabumi

Bahan Penelitian ini menggunakan data berupa sample data yang diambil dari hasil kuisioner online yang  disebar  kepada  seluruh  siswa  MAN  1  Sukabumi. Dan  menggunakan microsoft excel dalam melakukan perhitungan.

3. bagimana proses k-means dalam memberikan solusi dari permasalahan yang ada

Hasil  dari  penelitian  ini  berisi  pengelompokan  data  kedalam  setiap clusteryang  dibutuhkan. Pengelompokan   hasil   data   tingkat   keefektivan   belajaronlineini   dihitung   menggunakan Algoritma K-Means.  Setelah  hasil  nilai  data  yang  diperoleh  dari  kuisioner  dikalkulasi,  maka selanjutnya  menentukan  pusat clusteratau centroidawal, centroidawal  ini  ditentukan  secara acak atau random. Sebagai contoh penulis menggunakan contoh data yaitu:Salma,Nursantia, Fadhil, Muh Saabiq.

4. perlu disimpulkan bahwa ini salahsatu cara penelitian yang mudah namun efektif dalam mendapatkan data, namun nilai validasi cukup di pertanyakan karna rancunya data.

5.kedepanya mungkin kita harus lebih beragam lagi dalam metode penelitian dalam membuat penelitian, atau paling tida tau situasi dan kondisi di lapangan.

untuk lengkapnya bisa check



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer